METODE
- METODE PEMBELAJARAN DI TK
I.PENDAHULUAN
Metode pembelajaran adalah
metode yang digunakan guru dalam mengajar dan salah satu kunci
pokok keberhasilan suatu kegiatan belajar mengajar yang
dilakukan.Pemilihan metode yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan
pembelajaran.
Menurut Roidjakkers (1984)
mengatakan bahwa metode belajar harus mampu mendorong proses pertumbuhan pola
laku ,membina kebiasaan dan mengembangkan kemahiran untuk penyesuaian dalam
interaksi proses pembelajaran
Menurut Briggs (1977) mengatakan
bahwa yang dimaksud metode belajar suatu cara penyampaian pelajaran yang
melibatkan sistem pengajaran berupa seperangkat komponen-komponen terdiri dari
bahan pengajaran ,tes,siswa dan guru yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
pengajaran
Metode pembelajaran di Taman Kanak
–Kanak ,seorang guru harus dapat menggunakan metode – metode dalam
pembelajaran yang ia lakukan setiap harinya dalam mengajar .
Metode pembelajaran adalah
cara yang dilakukan guru untuk membelajarkan anak agar mencapai kompetensi yang
ditetapakan .Metode metode pembelajaran yang dapat digunakan di Taman Kanak –
Kanak antara lain yaitu metode bercerita,metode bercakap-cakap,metode
tanya jawab,metode Karyawisata , metode demonstrasi, metod e sosiodrama
atau bermain peran ,metode eksperimen,metode proyek ,metode dan metode
pemberian tugas.
II.METODE
PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK
1.Metode Bercerita :
Metode bercerita adalah cara bertutur kata dan penyampaian cerita
atau memberikan
Penjelasan tentang suatu cerita kepada anak secara lisan .
2.Metode Bercakap-cakap
Metode bercakap-cakap berupa kegiatan bercakap-cakap atau
bertanya jawab antara
anak dengan guru atau antara anak dengan anak.Bercakap-cakap dapat dilaksanakan
dalam bentuk :
1.
bercakap-cakap bebas
2.
bercakap-cakap menurut
tema
3.
bercakap-cakap berdasarkan gambar
seri
Dalam bercakap-cakap bebas kegiatan tidak terikat
dengan tema ,tetapi pada kemampuan yang diajarkan .Bercakap-cakap
menurut tema tertentu .Bercakap-cakap berdasarkan gambar seri
menggunakkan gambar seri sebagai bahan pembicaraan .
3.Metode Tanya Jawab
Metode Tanya Jawab dilaksanakan
dengan cara mengajukan pertanyaan tertentu kepada anak . Metode ini digunakan
untuk :
1.
mengetahui pengetahuan dan
pengalaman yang telah dimiliki anak ,
2.
memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya,
3.
mendorong keberanian anak untuk
mengemukakan pendapat.
3.1Pengertian Tanya Jawab
Metode tanya jawab
adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang
bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama
terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa
bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal
balik secara langsung antara guru. Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam
metode tanya jawab ini antara lain:
3.1.1. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
a)Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah
3.1.1. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
a)Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah
dikuasai oleh siswa.
b) Untuk merangsang siswa berfikir.
c) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum
b) Untuk merangsang siswa berfikir.
c) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum
dipahami.
3.1.2. Jenis pertanyaan.
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan
3.1.2. Jenis pertanyaan.
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan
ingatan dan pertanyaan pikiran:
a) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
a) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
pengetahuan
sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaan berpangkal
kepada
apa, kapan, di mana, berapa, dan yag sejenisnya
.
b) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
b) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
cara
berpikir anak dalam menanggapi suatu persoalan. Biasanya
pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.
3.13. Tehnik mengajukan pertanyaan.
Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru
dalam mengajukan pertanyaanya. Metode tanya
jawab biasanya
dipergunakan apabila:
1) Bermaksud mengulang
bahan pelajaran.
2) Ingin membangkitkan siswa relajar.
3) Tidak terlalu banyak siswa.
4) Sebagai selingan metode ceramah
2) Ingin membangkitkan siswa relajar.
3) Tidak terlalu banyak siswa.
4) Sebagai selingan metode ceramah
4.Metode Karyawisata
Metode
yang dilakukan dengan mengajak anak mengunjungi obyek-obyek yang sesuai
dengan tema
5.Metode Demonstrasi
Metode Demonstrasi adalah metode yang dilakukan dengan cara
menunjukkan cara atau memperagakan suatu cara atau suatu
ketrampilan .Tujuannya agar anak dapat
\memahami dan dapat melakukan dengan benar ,misalnya
mengupas buah ,memotong rumput ,menanam bunga ,mencampur warna ,meniup
balon kemudian melepaskannya,menggosok gigi ,mencuci tangan ,dan lain-lain
5.1 Pengertian Metode
Demonstrasi
Yang dimaksud dengan metode demontrasi adalah teknik yang digunakan untuk
membelajarkan peserta didik terhadap suatu bahan belajar dengan cara
memperhatikan ,menceritakan danmemperagakan bahan belajar itu
(sudjana,2001;154)
Metode demontrasi adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan memperagakan
atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses ,situasi,atau benda tertentu yang
sedang dipelajari ,baik sebenarnya ataupun tiruan ,yang sering disertai dengan
penjelasan lisan .Dengan metode demonstrasi ,proses penerimaan siswa terhadap
pelajaran akan lebih terkesan secara mendalam,sehingga membentuk pengertian
dengan baik dan sempurna . juga siswa dapat mengamati dan memperhatikan selama
pelajaran berlangsung .Metode demonstrasi baik digunakan untuk mendapatkan
gambaran yang lebih jelas tentang yang berhubungan dengan proses mengatur
sesuatu,proses membuat sesuatu ,proses bekerjanya sesuatu,proses mengerjakan
atau memband ingkan suatu dengan cara lain ,dan untuk mengetahui atau melihat
kebenaran sesuatu.
5.2.Keuntungan metode Demonstrasi
Winarno Surakhmad(1990,111-112) mengatakan bahwa terdapat keuntungan metode
demontrasi dalam kegiatan pembelajaran ,diantaranya adalah :
1.
Perhatian pelajar dapat diarahkan
pada hal-hal yang dianggap penting.
2.
Dapat mengurangi kesalahan-kesalahan
apabila dibandingkan dengan kegiatan ceramah atau membaca buku
,karena pelajar memperoleh gambaran yang jelas dari hasil pengamatan .
3.
Bila pelajar turut aktif dalam
eksperimen maka akan memperoleh pengalaman-pengalaman praktek untuk
mengembangkan kecakapan dan pengakuan serta pengharapan dari lingkungan
sosialnya.
4.
Beberapa masalah yang menimbulkan
pertanyaan pada pengajar dapat dijawab lebih teliti waktu proses demontrasi
atau eksperimen.
5.3.Penggunaan metode Demontrasi
Sudjana (2001: 157)
menyatakan bahwa demontrasi akan tepat digunakan apabila
1.
Kegiatan pembelajaran ditekankan
pada pembinaan ,perluasan ,atau pengembangan pengetahuan dan ketrampilan
peserta didik
2.
Pendidik bermaksud membelajarkan
peserta didik melalui peragaan proses atau peragaan hasil tertentu
3.
Prgram belajar berkaitan dengan
transformasi pengalaman praktis
4.
Program belajar berkaitan dengan
trasnsformasi praktisi dan ketrampilan tertentu
5.
Pengorganisasian peserta didik
terbatas sehingga setiap kegiatan dilakukan paling banyak oleh sekitar 20
orang
6.
Terdapat kebutuhan belajar dan
sumber-sumber pendukung yang berkaitan dengan penggunaan
teknik demonstrasi
5.4.Langkah-langkah
metode demonstrasi
Metode Demonstrasi dilakukan langkah-langkah sebagai berikut ;
1)Sebelum kegiatan pembelajaran
dimulai
a)Pendidik ,bersama peserta didik menyusun bahan belajar untuk didemontrasikan
b)Pendidik,bersama peserta didik ,menyiapkan fasilitas belajar dan alat-alat
bantu
yang diperlukan
2)Pada saat pembelajaran di
mulai :
a)Pendidik menjelaskan tujuan dan cara penggunaan teknik demonstrasi serta
motivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan
pembelajaran
b)Pendidk memberi contoh dengan cara mendemonstrasikan proses atau hasil
sesuatubagaimana tercantum dalam bahan belajar yang telah disusun
c)Pendidik meminta peserta didik melakukan kembali demonstrasikan bahan
belajartelah mereka susun
d)
Peserta didik mendemontrasikan bahan belajar yang telah mereka susun
e)Pendidik bersama peserta didik mendiskusikan hal-hal yang timbul dalam
kegiatan pembelajaran
3)Pada akhir kegiatan
pembelajaran
Pada akhir
kegiatan pembelajaran ,perdidik bersama peserta didik melakukan
penilaian
terhadap bahan belajar dan terhadap proses serta hasil penggunaan
teknik ini.
6.Metode Sosiodrama atau bermain
peran
Metode sosiodrama adalah cara
memberikan pengalaman kepada anak melalui bermain peran ,yakni anak diminta
memainkan peran tertentu dalam suatu permainan peran.Misalnya ,bermain jual
beli sayur-mayur ,bermain menolong orang yang jatuh,bermain menyayangi keluarga
dan lain-lain
7.Metode Eksperimen
Metode Eksperimen adalah cara
memberikan pengalaman kepada anak dimana anak memberikan perlakuan terhadap
sesuatu dan mengamati akibatnya .Misalnya ,balon ditiup ,warna yang dicampur
,air dipanaskan ,tanaman disiram dan tidak disirami dan lain-lain
8.Metode Proyek
Metode Proyek adalah cara memberikan
kesempatan kepada anak untuk menggunakan alam sekitar dan kegiatan sehari-hari
sebagai bahan pembahasan melalui bebagai kegiatan .
9.Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalh metode
yang memberikan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan tugas yang disiapkan
oleh guru.
Oleh : fajar
chasani al hafizd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar